Perbedaan Game Berbasis 2D dan Game Berbasis 3D

Mata Kuliah    : Desain Pemodelan Grafik
Nama              : Tika Syifa A
NPM               : 57415646
Kelas               : 3IA22
Dosen              : Syefani Rahma Deski

Pemodelan Grafis Untuk Games

Dengan perkembangan teknologi informasi, kini teknologi game berkembang pesat dengan adanya perkembangan teknologi. Pada awalnya game hanya berbasis grafik 2 dimensi, namun saat ini ada juga game berbasis grafik 3 dimensi. Perkembangan game ini dipengaruhi oleh munculnya para pengembang (developer) software game yang berlomba-lomba mempercantik tampilan animasi pada gamenya. Dari game berbasis 2 dimensi maupun 3 dimensi memiliki keunggulan masing – masing dan memiliki perbedaan berdasarkan representasi visualnya. Pada kali ini saya akan membahas perbedaan dari game berbasis grafik 2 dimensi dengan game berbasis grafik 3 dimensi.

A.    Definisi Game
Game adalah sebuah permainan komputer interaktif yang di kendalikan oleh mikroprosesor melalui gambar yang dihasilkan oleh peranti video. Sebuah game biasanya melibatkan pemain berinteraksi dengan alat pengendali untuk menghasilkan umpan balik secara visual dalam sebuah layar video. Video game juga memiliki beberapa genre, yaitu action, adventure, strategy, sport, fighting dan lain-lain.

B.    Game Berbasis Grafik 2D
Game 2 dimensi atau 2D merupakan suatu konsep dimana semua objek berada pada satu bidang datar. Grafik 2D adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 dimensi merupakan teknik penggambaran pada titik koordinat sumbu x dan sumbu y, sehingga gerakan pada game 2D dibatasi hanya horizontal dan vertikal. Model grafik 2D merupakan kombinasi dari model geometri. Model-model yang diguanakan pada desain 2D biasanya tidak mendukung untuk bentuk 3D. Game berbentuk 2 dimensi, menampilkan permainan dalam 1 perspektif saja.
Pada game 2D terdapat dua pergerakan kamera. Pertama adalah kamera statis dimana gambar latar dan tempat game 2D tidak bergerak sama sekali. Kedua adalah Slide Scrolling dimana game yang kita mainkan mempunyai kamera yang hanya dapat bergeser ke kanan atau ke kiri. Game 2D dibuat dengan tingkat detail sederhana sehingga dalam pembuatannya membutuhkan waktu yang relative singkat dibandingkan dengan game 3D. Game berbasis grafik 2D biasanya menggunakan gambar bitmap atau vektor. Game 2D yang menggunakan gambar bitmap biasanya terdapat di game Nintendo.

C.    Game Berbasis Grafik 3D
Game grafik 3D berbeda dengan game grafik 2D, dengan memodifikasi letak sumbu z dan pemasangan terhadap sumbu x dan y pada grafik 3D sehingga akan menghasilkan karakter tertentu seperti terlihat jauh, terlihat dekat bahkan bisa terlihat menjadi lebih luas. Game grafis 3D memungkinkan game jenis ini untuk bergerak ke segala arah. Model 3D merupakan pengembangan dari model 2D yaitu membangun objek-objek geometris seperti garis, bidang yang disusun satu persatu sehingga menjadi objek yang terlihat nyata. Pengembangan game 3D membutuhkan ketelitian yang tinggi dalam pembuatan model karakter. Pembuatan model karakter 3D bisa menggunakan software Blender, 3D Max, Lightwave dan lain-lain. Untuk membuat model dari game berbasis 3D membutuhkan waktu yang relatif lama, karena dalam pembuatan model tersebut membutuhkan ketelitian yang tinggi. Setelah proses modeling tahap selanjutnya adalah pewarnaan, kemudian rendering sampai animasi. Animasi 3D, pada dasarnya adalah animasi stop motion.
D.    Contoh Game 2D dan 3D
      
      Game 2D

Game 3D

Referensi :

Komentar