Nama : Tika Syifa A
Kelas : 3IA22
NPM : 57415646Kelas : 3IA22
Dosen : Yudi Irawan Chandra
Visibility
Visibility
adalah tampilan grafik scene game komputer. Pada game PC atau komputer kita
bisa mengatur kualitas tampilannya, untuk mengaturnya kita bisa mengubahnya di
menu options atau settings. Pengaturan grafik scene ini hanya tersedia di game
PC, karena pada game konsol seperti Playstation pengaturannya sudah
disesuaikan. Berikut ini adalah istilah-istilah grafis yang ada pada menu
option atau settings dalam game PC:
Resolution
Resolusi
merupakan sebuah satuan yang menentukan berapa banyak jumlah piksel yang di
tampilkan pada layar/monitor, semakin besar resolusi suatu layar semakin banyak
jumlah pikselnya dan semakin bagus juga gambar yang dihasilkan pada layar.
Texture
Texture merupakan tampilan dari suatu model atau object, semakin tinggi kualitas teksturnya akan semakin berat kerja VGAnya.
Anti-Aliasing
Aliasing atau
efek patah-patah yang biasanya terlihat pada suatu objek berposisi diagonal. Penyebab
Aliasing adalah resolusi yang rendah pada layar monitor komputer yang anda
gunakan dan menyebabkan adanya garis yang terlihat kasar. Anti-Aliasing ini
bertugas mem-filter warna pada pixel disekitar obyek yang terlihat patah-patah
sedemikian rupa sehingga objek tersebut terlihat lebih mulus. Anti-Aliasing
memiliki banyak tingkatan, mulai dari 2x, 4x, 8x, hingga 16x. Semakin tinggi
tingkat Anti-Aliasing yang digunakan, maka semakin besar memakan performa GPU.
Ada
beberapa jenis Anti-Aliasing:
-
Multisampling Anti-Aliasing (MSAA)
MSAA merupakan jenis Anti-Aliasing yang
hanya diterapkan pada bagian frame yang mungkin terlihat patah-patah, dan tidak
pada seluruh frame. Sehingga MSAA masih menyisakan efek patah-patah pada
beberapa bagian.
-
Temporal Anti-Aliasing (TXAA)
TXAA memproses frame yang telah
ditampilan untuk menyempurnakan frame yang akan ditampilkan. TXAA dapat lebih
efektif dari MSAA, namun membuat gambar terlihat kabur.
-
Fast Approximate Anti-Aliasing (FXAA)
FXAA adalah jenis Anti-Aliasing yang memproses frame
untuk mengurangi aliasing dengan relative cepat. Namun FXAA dapat membuat
gambar terlihat kabur.
Vertical Synchronization (VSync)
VSync merupakan
pengaturan untuk mencegah terjadinya screen tearing. Screen tearing adalah
tidak sesuainya fps dengan refresh rate atau tampilan gambar akan terlihat
seperti terpotong-potong. Jika frame rate lebih tinggi dari refresh rate, maka
monitor tidak akan mampu menampilkan keseluruhan frame tersebut.
Tesselation
Tessellation berfungsi
membantu GPU menemukan tambahan lekukan di permukaan tekstur yang akan
memberikan efek benjolan seperti tangga, benjolan di tanah, dan sebagainya.
Ambient Occlusion (AO)
Ambient
Occlusion berfungsi memberikan efek bayangan yang biasanya muncul pada
sudut-sudut suatu objek untuk memberi kesan realistis pada objek.
Anisotropic Filtering (AF)
Ada beberapa
teknik filtering graphic dalam sebuah gam, yaitu Bilinear, Triliniear, dan
Anisotropic. Anisotropic Filtering merupakan teknik filtering yang paling bagus, karena membuat
tekstur objek yang letaknya jauh terlihat jelas dan merata. Semakin tinggi
tingkat Anisotropic Filtering maka semakin jelas atau tajam tekstur objek yang
letaknya jauh terlihat.
Level of Detail (LOD)
Selain
komponen visibility dalam menampilkan scene game ada komponen lain yaitu LOD
(Level of Detail). LOD biasanya digunakan untuk mengatur material yang akan
diaplikasikan pada objek. Level of Detail memiliki tingkat pengaturan yang
berbeda-beda tergantung dari seberapa jauh jarak antara model dengan viewer.
Ketika
model berada pada jarak dekat dengan viewer, model sebaliknya di-render dengan
detail sebanyak mungkin. Namun sebaliknya jika model berada pada jarak yang
jauh dari viewer lebih baik tidak menampilkan dengan sangat detail agar tidak
mengganggu tampilan dan hasilnya dapat meningkatkan penampilannya.
Meskipun
sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, baru-baru ini
teknik LOD sudah termasuk dalam manajemen shading untuk dapat mengontrol
kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan
untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan
kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk
mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh
mendasari algoritma LOD-ing.
Terrain LOD
Terrain
atau dataran merupakan salah satu data yang penting dalam pemodelan grafik. Terrain
umumnya diimplementasikan untuk objek-objek yang statis. Salah satu
implementasi terrain yang banyak digunakan adalah dalam pemodelan lanskap, misalnya
seperti pemodelan bentangan tanah, pinggiran pantai, pegunungan, area pasir
pada arena balapan, dan sebagainya. Ketika proses rendering, sebagian dari
terrain tertutup dan sebagian lain sangat jauh, oleh karena itu dikembangkanlah
Terrain LOD algorithms.
2.5D
Biasanya pada game PC terdapat istilah scene 2.5D.
Scene 2.5D atau dua setengah dimensi adalah proyeksi grafik 2 dimensi (2D) yang
digunakan untuk menyebabkan tampilan gambar menyerupai scene 3 dimensi (3D). Untuk
mencapai efek 2.5 dimensi pada objek 2 dimensi kita bisa menambahkan bayangan
pada objek 2 dimensi tersebut. Scene 2.5D dalam game biasanya digunakan sebagai
pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, dan path finding.
Game Berbasis Jaringan pada Mobile dan Desktop
Game
berbasis jaringan atau sering disebut juga game online adalah sebuah game yang
dimainkan terhubung dengan jaringan atau koneksi internet. Perluasan game
online telah mencerminkan keseluruhan perluasan jaringan komputer dari jaringan
local kecil ke internet dan pertumbuhan akses itu sendiri.
Perkembangan game online sendiri tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Game online saat ini berbeda dengan game online pada sat pertama kali diperkenalkan. Pada tahun 1960 untuk bermain game komputer, komputer tersebut hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja. Lalu muncullah komputer dengan kemampuan time-sharing, sehingga pemain bisa memainkan game tersebut lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama. Lalu pada tahun 1970 muncul jaringan komputer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan komputer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi internet.
Perkembangan game online sendiri tidak lepas dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Game online saat ini berbeda dengan game online pada sat pertama kali diperkenalkan. Pada tahun 1960 untuk bermain game komputer, komputer tersebut hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja. Lalu muncullah komputer dengan kemampuan time-sharing, sehingga pemain bisa memainkan game tersebut lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama. Lalu pada tahun 1970 muncul jaringan komputer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan komputer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi internet.
South Park: Phone Destroyer (Mobile) |
South Park : Stick of The Truth (PC) |
Game
online desktop/PC dan mobile memiliki perbedaan, misalnya pada game South Park
yang awalnya dari serial animasi telivisi asal Amerika Serikat. Grafis game
tersebut menggunakan tampilan 2.5D. Perbedaanya adalah dari segi alur cerita
yang disajikan, pada game PC memiliki banyak kotak dialog dari game tersebut
sedangkan pada game mobile terbilang sedikit dan memiliki keterbatasan untuk
menggerakan karakter yang kita gunakan.
Sumber:
Komentar
Posting Komentar