Mekanisme Grafik Scene pada Game Komputer dan Game Berbasis Jaringan


Nama   : Tika Syifa A
Kelas   : 3IA22
NPM   : 57415646
Dosen  : Yudi Irawan Chandra
 
Visibility
           Visibility adalah tampilan grafik scene game komputer. Pada game PC atau komputer kita bisa mengatur kualitas tampilannya, untuk mengaturnya kita bisa mengubahnya di menu options atau settings. Pengaturan grafik scene ini hanya tersedia di game PC, karena pada game konsol seperti Playstation pengaturannya sudah disesuaikan. Berikut ini adalah istilah-istilah grafis yang ada pada menu option atau settings dalam game PC:
Resolution
Resolusi merupakan sebuah satuan yang menentukan berapa banyak jumlah piksel yang di tampilkan pada layar/monitor, semakin besar resolusi suatu layar semakin banyak jumlah pikselnya dan semakin bagus juga gambar yang dihasilkan pada layar. 


Texture
Texture merupakan tampilan dari suatu model atau object, semakin tinggi kualitas teksturnya akan semakin berat kerja VGAnya.

Anti-Aliasing
Aliasing atau efek patah-patah yang biasanya terlihat pada suatu objek berposisi diagonal. Penyebab Aliasing adalah resolusi yang rendah pada layar monitor komputer yang anda gunakan dan menyebabkan adanya garis yang terlihat kasar. Anti-Aliasing ini bertugas mem-filter warna pada pixel disekitar obyek yang terlihat patah-patah sedemikian rupa sehingga objek tersebut terlihat lebih mulus. Anti-Aliasing memiliki banyak tingkatan, mulai dari 2x, 4x, 8x, hingga 16x. Semakin tinggi tingkat Anti-Aliasing yang digunakan, maka semakin besar memakan performa GPU.
Ada beberapa jenis Anti-Aliasing:
-          Multisampling Anti-Aliasing (MSAA)
MSAA merupakan jenis Anti-Aliasing yang hanya diterapkan pada bagian frame yang mungkin terlihat patah-patah, dan tidak pada seluruh frame. Sehingga MSAA masih menyisakan efek patah-patah pada beberapa bagian.
-          Temporal Anti-Aliasing (TXAA)
TXAA memproses frame yang telah ditampilan untuk menyempurnakan frame yang akan ditampilkan. TXAA dapat lebih efektif dari MSAA, namun membuat gambar terlihat kabur.
-          Fast Approximate Anti-Aliasing (FXAA)
FXAA adalah jenis Anti-Aliasing yang memproses frame untuk mengurangi aliasing dengan relative cepat. Namun FXAA dapat membuat gambar terlihat kabur.

Vertical Synchronization (VSync)
VSync merupakan pengaturan untuk mencegah terjadinya screen tearing. Screen tearing adalah tidak sesuainya fps dengan refresh rate atau tampilan gambar akan terlihat seperti terpotong-potong. Jika frame rate lebih tinggi dari refresh rate, maka monitor tidak akan mampu menampilkan keseluruhan frame tersebut.

Tesselation
Tessellation berfungsi membantu GPU menemukan tambahan lekukan di permukaan tekstur yang akan memberikan efek benjolan seperti tangga, benjolan di tanah, dan sebagainya. 

Ambient Occlusion (AO)
Ambient Occlusion berfungsi memberikan efek bayangan yang biasanya muncul pada sudut-sudut suatu objek untuk memberi kesan realistis pada objek.

Anisotropic  Filtering (AF)
Ada beberapa teknik filtering graphic dalam sebuah gam, yaitu Bilinear, Triliniear, dan Anisotropic. Anisotropic Filtering merupakan teknik  filtering yang paling bagus, karena membuat tekstur objek yang letaknya jauh terlihat jelas dan merata. Semakin tinggi tingkat Anisotropic Filtering maka semakin jelas atau tajam tekstur objek yang letaknya jauh terlihat.


Level of Detail (LOD)
Selain komponen visibility dalam menampilkan scene game ada komponen lain yaitu LOD (Level of Detail). LOD biasanya digunakan untuk mengatur material yang akan diaplikasikan pada objek. Level of Detail memiliki tingkat pengaturan yang berbeda-beda tergantung dari seberapa jauh jarak antara model dengan viewer.
Ketika model berada pada jarak dekat dengan viewer, model sebaliknya di-render dengan detail sebanyak mungkin. Namun sebaliknya jika model berada pada jarak yang jauh dari viewer lebih baik tidak menampilkan dengan sangat detail agar tidak mengganggu tampilan dan hasilnya dapat meningkatkan penampilannya.

Meskipun sebagian besar waktu LOD diterapkan untuk geometri rinci saja, baru-baru ini teknik LOD sudah termasuk dalam manajemen shading untuk dapat mengontrol kompleksitas pixel. Suatu bentuk tingkat manajemen detail telah diterapkan untuk tekstur selama bertahun-tahun, di bawah nama mipmapping, juga memberikan kualitas rendering yang lebih tinggi. Ini adalah hal yang lumrah untuk mengatakan bahwa “sebuah objek telah LOD’d” ketika objek disederhanakan oleh mendasari algoritma LOD-ing.

Terrain LOD
Terrain atau dataran merupakan salah satu data yang penting dalam pemodelan grafik. Terrain umumnya diimplementasikan untuk objek-objek yang statis. Salah satu implementasi terrain yang banyak digunakan adalah dalam pemodelan lanskap, misalnya seperti pemodelan bentangan tanah, pinggiran pantai, pegunungan, area pasir pada arena balapan, dan sebagainya. Ketika proses rendering, sebagian dari terrain tertutup dan sebagian lain sangat jauh, oleh karena itu dikembangkanlah Terrain LOD algorithms.
2.5D
           Biasanya pada game PC terdapat istilah scene 2.5D. Scene 2.5D atau dua setengah dimensi adalah proyeksi grafik 2 dimensi (2D) yang digunakan untuk menyebabkan tampilan gambar menyerupai scene 3 dimensi (3D). Untuk mencapai efek 2.5 dimensi pada objek 2 dimensi kita bisa menambahkan bayangan pada objek 2 dimensi tersebut. Scene 2.5D dalam game biasanya digunakan sebagai pengaturan gerakan seperti golden axe, double dragon, dan path finding.

Game Berbasis Jaringan pada Mobile dan Desktop
        Game berbasis jaringan atau sering disebut juga game online adalah sebuah game yang dimainkan terhubung dengan jaringan atau koneksi internet. Perluasan game online telah mencerminkan keseluruhan perluasan jaringan komputer dari jaringan local kecil ke internet dan pertumbuhan akses itu sendiri.
          Perkembangan game online sendiri tidak  lepas dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu sendiri. Game online saat ini berbeda dengan game online pada sat pertama kali diperkenalkan. Pada tahun 1960 untuk bermain game komputer, komputer tersebut hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja. Lalu muncullah komputer dengan kemampuan time-sharing, sehingga pemain bisa memainkan game tersebut lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama. Lalu pada tahun 1970 muncul jaringan komputer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan komputer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi internet.

South Park: Phone Destroyer (Mobile)
South Park : Stick of The Truth (PC)
 
           Game online desktop/PC dan mobile memiliki perbedaan, misalnya pada game South Park yang awalnya dari serial animasi telivisi asal Amerika Serikat. Grafis game tersebut menggunakan tampilan 2.5D. Perbedaanya adalah dari segi alur cerita yang disajikan, pada game PC memiliki banyak kotak dialog dari game tersebut sedangkan pada game mobile terbilang sedikit dan memiliki keterbatasan untuk menggerakan karakter yang kita gunakan.
 
Sumber:



 


Komentar