Tugas Ilmu Sosial Dasar 1IA25 (Narkoba Di Lingkungan Sekitar)

Indonesia merupakan negara yang menjadi sasaran utama para pengedar atau pemasok narkoba dari luar negeri. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat penenang. Narkoba sering diaanggap sebagai sesuatu yang membahayakan bagi generasi muda. Hal tersebut di karenakan efek dari narkoba yang langsung menyerang ke sistem kerja otak dari penggunaannya. Yang membahayakan dari penggunaan narkoba ini adalah candu dan halusinogen yang di timbulkan apabila menggunakannya dalam kadar yang berlebih.
Narkoba pun ada beberapa jenisnya. Dan yang paling berbahaya adalah narkoba jenis ganja. Narkoba jenis ini pemakaiannya lebih kepada di hisap yang mana sebelumnya sudah melalui proses pengeringan untuk mendapatkan sari dari daun ganja tersebut. Namun demikian segelincir orang beranggapan ganja bukankah narkoba dan menyuarakan sebuah gerakan yang bernama "Legalitas  Ganja".
Efek narkoba apabila di legalkan keberadaannya sangat berbahaya bagi lingkungan. Efek candu yang dihasilkan akan membuat penggunaanya melakukan apapun demi mendapatkan "barang haram" tersebut. Hasilnya tingkat kriminal seperti pencurian akan semakin tinggi angkanya di lingkungan sekitar pengguna narkoba. Efek halusinogen pun sangat berbahaya dan berpengaruh bagi lingkungan sekitar pengguna. Mereka akan melakukan apa saja yang di kehendakinya walau sebagian orang hal yang ada di lakukannya salah.
Sarannya adalah meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Memberikan penjelasan dampak dari narkoba tersebut kepada pemakai. Jika ada pemakai yang menggunakannya di tempat umum langsunh melaporkan ke kepolisian supaya tidak ada generasi muda yang lainnya tidak kecanduan narkoba dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

Komentar