Penerapan Komputasi Awan (Cloud Computing) Pada Website XL Axiata


Nama   : Tika Syifa A
Kelas   : 4IA22
NPM   : 57415646
Dosen  : Dr. Rina Noviana, SKom. MMSI


Saat ini cloud computing sudah menjadi trend di dunia IT, selain itu cloud computing juga menjadi suatu kebutuhan yang penting bagi perusahaan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai perusahaan yang menggunakan layanan komputasi awan, terlebih dahulu kita mencari tahu apa itu Cloud Computing.
Cloud computing atau komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) berbasis internet (‘awan’). Cloud adalah metafora dari internet yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Secara sederhana cloud computing dapat didefinisikan sebagai “layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau diakses oleh pelanggannya melalui jaringan internet”. Cloud computing bekerja secara client-server, menggunakan protokol web browser.

Beberapa perusahaan di Indonesia juga sudah mulai menggunakan layanan komputasi awan (cloud computing), salah satunya adalah perusahaan provider XL Axiata. XL Axiata adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL merupakan singkatan dari Excelcomindo Pratama. XL mulai beroperasi pada tanggal 8 Oktober 1996.
Berikut ini adalah tampilan website dari layanan XCloud pada XL Axiata :



Xl meluncurkan  layanan komputasi awan (cloud computing) bernama XCloud, yang tujuannya adalah mempermudah client dalam aktifitas dan bisnis. XL bekerjasama dengan 6 mitra bisnis, yaitu Huawei, Fujitsu, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft. XCloud juga memiliki beberapa manfaat yang cukup atau di inginkan oleh pelanggan yaitu simple, cepat, fleksibel, dan biaya yang dapat di control. Dalam layanan Cloud Computing XL menyediakan 3 jenis service cloud computing, yaitu:
IaaS (Infrastructure as a Services)
Iaas adalah layanan dari cloud computing dimana pelanggan dapat menggunakan infrastruktur IT dalam virtual atau melalui internet. Layanan Iaas pada XL ditargetkan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).
Paas (Platform as a Services)
Paas adalah layanan dari cloud computing dimana pengguna bisa mendapatkan sebuah platform network, database, aplikasi dan lain-lain. Layanan Paas digunakan untuk mengembangkan platform salah satunya untuk kepentingan pendidikan.
Saas (Software as a Service)
Layanan ini digunakan untuk layanan internet UKM dan pembuatan layanan untuk perangkat sendiri, serta di lengkapi dengan aplikasi peta. Saas adalah layanan dari cloud computing dimana pengguna dap menggunakan software yang telah disediakan melalui internet.
Kelebihan:
-          Kemudahan dalam akses
-          Hemat biaya
-          Pengguna bisa dengan mudah mengembangkan resource yang dipakai

Sumber:

Komentar